WELCOME TO FOOTBALL WORLD

FIFA Akan Segera Lakukan Uji Coba Teknologi Garis gawang

13/10/2011
Oleh: Muhammad Rezky Agustyananto
Apa saja yang harus dilewati oleh teknologi baru ini agar bisa diaplikasikan di dunia sepakbola?
Harapan banyak orang (terutama orang-orang Inggris) untuk melihat adanya teknologi garis gawang di dunia sepakbola tampaknya makin mendekati kenyataan. Menyusul keputusan International Football Association Board (IFAB) pada Maret lalu mengenai dibolehkannya uji coba penggunaan teknologi garis gawang, FIFA akhirnya telah memutuskan akan melakukan dua fase uji coba yang rencananya akan diikuti oleh sembilan perusahaan di Eropa. Fase uji coba pertama akan dilaksanakan pada November dan Desember, dengan diawasi oleh sebuah tim independen dari para peneliti di Swiss. Sedangkan fase kedua akan dilaksanakan pada Maret tahun depan.
Setelah melakukan dua fase uji coba tersebut, FIFA akan menyerahkan hasil evaluasi kepada IFAB. Hal ini dilakukan karena hanya IFAB lah yang memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan dalam Law of the Game sepakbola dunia. Karena itu, IFAB pula yang nantinya akan menentukan apakah teknologi garis gawang bisa digunakan di dunia sepakbola.

Pertemuan IFAB sendiri akan dilaksanakan pada Juli 2012, segera setelah selesainya Euro 2012. Selain membahas masalah teknologi garis gawang, IFAB juga akan mengevaluasi penggunaan dua wasit tambahan di samping gawang yang sudah diuji coba oleh UEFA di kompetisi mereka seperti di Liga Champions. IFAB lah yang nantinya akan menentukan apakah sistem dua wasit tambahan ini akan disahkan dalam Law of the Game.

Lalu, apa saja syarat yang ditentukan IFAB agar teknologi garis gawang dapat diterima? Ada empat hal yang harus dipenuhi oleh teknologi ini agar bisa diimplementasikan di dunia sepakbola ke depannya, yaitu:

1. Teknologi hanya diaplikasikan untuk garis gawang dan hanya untuk menentukan apakah gol sah atau tidak.

2. Sistem teknologi itu harus akurat.

3. Indikasi/keputusan apakah bola sudah masuk harus keluar secara segera dan secara otomatis bisa dikonfirmasi dalam waktu satu detik.

4. Indikasi/keputusan apakah bola sudah masuk hanya akan diberikan kepada petugas pertandingan (lewat jam tangan wasit, lewat getaran atau sinyal visual).

Keempat syarat itulah yang harus dipenuhi oleh sembilan perusahaan yang mengikuti ujicoba ini agar teknologinya dipilih FIFA untuk digunakan di dunia sepakbola. Nah, kita tunggu saja bagaimana hasil ujicoba yang akan dilakukan FIFA nanti.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar